5 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bisa Membersihkan Udara

    Kamar tidur perlu ditata supaya nyaman dan memiliki udara bersih. Dengan udara yang bersih, kita bisa tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman, Bunda.

    Salah satu cara untuk membersihkan udara di kamar tidur adalah dengan menyimpan tanaman hias. Ada beberapa tanaman hias yang bisa membersihkan udara dan menyerap racun nih.

    Cara ini sangat cocok untuk Bunda, terutama yang tinggal di daerah perkotaan dan penuh polusi. Jadi, tidak perlu khawatir lagi deh tidur dengan udara yang buruk.

    Dilansir Elle Decor, ini 5 tanaman hias untuk kamar tidur yang bisa membantu membersihkan udara:

    Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant, with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living room

    1. Karet Kebo (rubber fig)

    Karet kebo lebih dari sekadar tanaman hias lho, Bunda. Menyimpan tanaman hias ini di kamar tidur dapat menyingkirkan racun di udara.

    Selain itu tanaman hias karet kebo dapat melawan penyakit tropis serta parasit. Supaya tanaman hias ini selalu optimal dalam menyerap racun, sering-sering lap daunnya dengan kain lembap ya.

     

    Dilansir Gardening Know How, tanaman hias yang satu ini juga mudah dirawat kok. Asalkan ditempatkan di area yang tidak terlalu terang dan lembap.

    Bentuk daun tanaman karet kebo cukup simpel. Ini cocok untuk mendekorasi kamar tidur Bunda yang bertema minimalis.

    Closeup of window in loft with table and potted plant in bedroom home apartment hotel room and nobody

    2. Dracaena

    Bunda punya suami yang merokok? Cobalah untuk menyimpan dracaena di dalam kamar tidur Bunda.

    Dracaena merupakan tanaman hias yang tepat untuk kamar tidur perokok. Selain dapat menjernihkan udara, dracaena dapat menyedot partikel asap yang menyebabkan masalah kesehatan.

    Daun dracaena berwarna hijau dan panjang, serta tumbuhnya ke arah atas. Bentuk tanaman dracaena yang unik ini cocok untuk dijadikan dekorasi kamar.

    Bunda dapat menyimpan tanaman hias ini di sudut ruangan. Kalau mau menghemat tempat, bisa juga membuat taman vertikal dengan dracaena ini lho.

    Home and garden concept of sansevieria trifasciata or Snake plant in the bedroom

    3. Sansevieria

    Sudah banyak orang yang tahu kemampuan tanaman hias ini dalam menjernihkan udara. Sansevieria telah menjadi tanaman hias indoor favorit sejak lama nih, Bunda.

    Jika ingin tidur dengan udara yang lebih bersih, pastikan menyimpan sansevieria di kamar tidur juga ya. Tanaman hias ini bisa menyerap racun, seperti benzena, formaldehida, trichloroethylene (TCE), dan sebagainya.

    Warnanya dan motif daunnya yang cantik cocok untuk menjadi aksen dekorasi di kamar tidur. Sansevieria ada yang berwarna kombinasi hijau, kuning, dan putih.

    Tanaman sansevieria mudah untuk dirawat kok, Bunda. Daunnya juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan iritasi kulit.

    an aloe vera plant

    4. Lidah buaya

    Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kaya manfaat. Daging tanaman lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan.

    Tanaman lidah buaya dapat dijadikan menanda polusi lingkungan lho. Kalau ada bercak kecoklatan pada daun lidah buaya, itu tandanya lingkungan Bunda berpolusi.

    Nah, menyimpan lidah buaya di kamar tidur dapat membantu mengontrol kualitas udara. Tanaman hias ini dapat menghilangkan partikel formaldehida, amonia, xylene, dan tolune.

    Sama seperti jenis tanaman hias sukulen lainnya, lidah buaya hidup dengan baik di kondisi kering, Bunda. Pastikan menyimpan tanaman hias lidah buaya di tempat yang terkena sinar matahari ya.

    Sirih gading

    5. Sirih gading

    Tanaman hias sirih gading sangat ideal untuk kamar tidur. Sirih gading dapat membersihkan udara dari racun berbahaya, terutama formaldehida.

    Dilansir Home Guides, tanaman hias yang memiliki nama lain devil's ivy ini dapat tumbuh hingga 4 sampai 8 kaki di dalam ruangan. Kalau di luar ruangan, sirih gading bisa tumbuh sampai 40 kaki lho, Bunda.

    Nah, cara merawat tanaman hias sirih gading juga cukup mudah kok. Sirih gading tidak perlu sering-sering disiram.

    Daunnya yang berbentuk hati dapat memberikan kesan unik sebagai dekorasi kamar tidur. Selain itu, ada berbagai warna dan jenis sirih gading yang bisa menjadi pilihan.

    © 2014 Annisa Rahmah. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.