7 Tanda Terinfeksi Covid-19 yang Sering tak Disadari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Covid-19 adalah penyakit yang virusnya bisa menyasar saluran pernapasan. Namun, tidak ada cara untuk mengetahui 100 persen tertular atau tidak, karena adanya kasus tanpa gejala yang sering tak disadari. Tetapi para ahli mengatakan beberapa tanda bisa menjadi petunjuk bahwa Anda mungkin sudah terjangkit Covid- 19. Dilansir dari Good House Keeping, berikut ini tujuh yang perlu diketahui, tanda tertular virus tersebut.

8 Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh yang Tak Disadari

Menjaga sistem kekebalan tubuh harus selalu menjadi prioritas selama pandemi.  Sistem imun yang kuat membantu tubuh menangkal virus seperti Covid-19 atau setidaknya membuat durasi penyakit lebih singkat. Penyakit kronis atau penyakit autoimun adalah faktor risiko paling jelas yang dapat mengganggu kekebalan tubuh seseorang. Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang juga dapat melemahkan kekebalan tubuh kita. "Beberapa kebiasaan atau pola hidup dapat membuat Anda rentan terkena infeksi," ahli imunologi dan direktur medis dari Arizona Center for Integrative Medicine, Randy Horwitz, M.D., Ph.D., seperti dilansir Mind Body Green. Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan, yang merujuk kepada pelemahan sistem kekebalan tubuh, di antaranya:

Bolehkah Menebus Resep Obat Antibiotik yang Sama Berulang Kali?

Bila sedang dilanda sakit karena infeksi virus atau bakteri, umumnya Anda akan pergi ke dokter untuk berobat. Nantinya dokter akan memberikan resep obat antibiotik yang harus ditebus di apotek dan diminum sampai habis. Setelah sembuh, terkadang gejala infeksi penyakit yang sama bisa terjadi lagi. Tak jarang, banyak orang yang akan menebus kembali resep sebelumnya untuk mengatasi gejala penyakit yang diderita. Perilaku mengulang atau menebus resep berulang ini apa  aman dan boleh dilakukan? Mari ketahui aturan minum antibiotik yang benar dan aman berikut ini.

Penyakit yang Memerlukan Antibiotik

Tidak semua kondisi penyakit memerlukan antibiotik. Namun, beberapa penyakit ini membutuhkan antibiotik untuk mempercepat kesembuhannya, misalnya: 

Infeksi Sinus

Infeksi sinus adalah penyakit yang paling banyak diresepkan antibiotik oleh petugas kesehatan. Sebagian besar infeksi sinus dalam satu hingga dua minggu. Selain itu, infeksi sinus disebabkan oleh bakteri atau virus, dan hanya infeksi sinus akibat bakteri yang harus diobati dengan antibiotik. Agak sulit untuk menguji bakteri pada sinus, jadi rekomendasinya adalah menunggu dan mengobati infeksi dengan antibiotik jika gejala-gejala muncul dan bertahan selama lebih dari sepuluh hari.

Penyebaran Cepat Corona Diduga karena Virus Bermutasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan di Houston, AS menemukan virus corona (SAR-CoV2) telah bermutasi terus menerus seiring perjalanan penularannya yang luas, dan itu mungkin yang membuat virus tersebut menjadi lebih menular sekarang ini. Dalam studi yang dirilis, Rabu (23/9), para ilmuwan memaparkan 5.000 urutan genetik virus corona yang mengungkapkan akumulasi mutasi virus yang terus-menerus, salah satunya mungkin yang membuatnya menjadi semakin mudah menular.

Publish modules to the "offcanvs" position.

Free Joomla! templates by Engine Templates