Dimana Letak Kebahagiaan Itu ?

Bismillahirrahmanirrahim,…

Hari ini seperti hari sebelumnya….sangat cepat berlalu, detik demi detik seolah berlari tanpa terasa. Hari ini aku menghadiri sebuah acara pernikahan seorang teman lama, ….. hmmm boleh dibilang teman dekat, aku mengenalnya semenjak aku tinggal di asrama semasa kuliah.

Akhirnya dia pun melengkapi separuh agamanya….terlihat di wajahnya rasa bahagia yang tak terkira, karena pada hari ini (tepatnya 18 jam yang lalu sedari aku menulis blogs ini) dia telah mendapatkan dambaan hati yang selama ini dia nanti dengan sabarnya. Tak ada kemewahan yang tampak dari acara pernikahan itu, tak ada hiruk-pikuk musik berlantunan, tak ada pernak – pernik kemewahan lainnya, pernikahan yang Insya Allah penuh berkah dalam kesederhanaannya mengusikku untuk menggali kembali kenanganku yang lalu.

Burung Gagak (Bughats)

Seorang ulama dari Suriah bercerita tentang do'a yang selalu ia lantunkan. Ia selalu mengucapkan do'a seperti berikut ini.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺭﺯُﻗﻨَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺮﺯُﻕُ ﺍﻟﺒُﻐَﺎﺙََ

Ya Allah, berilah aku rezeki sebagaimana Engkau memberi rezeki kepada bughats.

Apakah "bughats" itu?

Dan bagaimana kisahnya?

"Bughats" anak burung gagak yang baru menetas. Burung gagak ketika mengerami telurnya akan menetas mengeluarkan anak yang disebut "bughats".

Ketika sudah besar dia menjadi gagak (ghurab).

Apa perbedaan antara bughats dan ghurab?

Telah terbukti secara ilmiah, anak burung gagak ketika baru menetas warnanya bukan hitam seperti induknya, karena ia lahir tanpa bulu. Kulitnya berwarna putih. Saat induknya menyaksikanya, ia tidak terima itu anaknya, hingga ia tidak mau memberi makan dan minum, lalu hanya mengintainya dari kejauhan saja. Anak burung kecil malang yang baru menetas dari telur itu tidak mempunyai kemampuan untuk banyak bergerak, apalagi untuk terbang.

Lalu bagaimana ia makan dan minum...?

Allah Yang Maha Pemberi Rezeki yang menanggung rezekinya, karena Dialah yang telah menciptakannya.

Allah menciptakan _aroma_ tertentu yang keluar dari tubuh anak gagak tersebut sehingga mengundang datangnya serangga ke sarangnya. Lalu berbagai macam ulat dan serangga berdatangan sesuai dengan kebutuhan anak gagak dan ia pun memakannya.

ماشاءالله

Keadaannya terus seperti itu sampai warnanya berubah menjadi hitam, karena bulunya sudah tumbuh.

Ketika itu barulah gagak mengetahui itu anaknya dan ia pun mau memberinya makan sehingga tumbuh dewasa untuk bisa terbang mencari makan sendiri.

Secara otomatis aroma yang keluar dari tubuhnya pun hilang dan serangga tidak berdatangan lagi ke sarangnya.

Dia-lah Allah, Ar Razaq, Yg Maha Penjamin Rezeki.

... نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَّعِيشَتَهُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا

...Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia...
(QS. Az-Zukhruf: Ayat 32)

Rezekimu akan mendatangimu di mana pun engkau berada, selama engkau menjaga ketakwaanmu kepada Allah, sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam:

"Sesungguhnya Malaikat Jibril membisikkan di dalam qalbuku bahwa seseorang tidak akan meninggal sampai sempurna seluruh rezekinya. Ketahuilah, bertaqwalah kepada Allah, dan perindahlah caramu meminta kepada Allah. Jangan sampai keterlambatan datangnya rezeki membuatmu mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Sesungguhnya tidak akan didapatkan sesuatu yang ada di sisi Allah kecuali dengan menta'atinya."

Jadi tidaklah pantas bagi orang-orang yang beriman berebut rezeki dan seringkali tidak mengindahkan halal haramnya rezeki itu dan cara memperolehnya.

Mari introspeksi diri, apakah muamalah dan pekerjaan yang kita lakukan ini sudah sesuai hukum الله atau belum. Mengetahui status hukum perbuatan dulu baru berbuat.

Itulah sikap selayaknya seorang muslim.

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.

“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

Oleh sebab itu wahai kaum muslim, janganlah kita takut akan kurangnya rezeki, Allah Subhanahuwata'ala sudah mengatur rezeki. Sadarilah kitalah yang sebenarnya tidak pernah puas dan qanaah (menerima) dalam mensyukuri nakmat. Perbanyaklah bersyukur dan beristiqfar agar kita disayang Allah Subhanahuwata'ala.

Binatang Bisa Mendengar Adzab Kubur

Oleh : Mukhlis Ibnu Katsir
( Kader Sahabat Yamima – Mahasiswa Al-Azhar, Kairo )

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa suara seseorang yang sedang disiksa di alam kubur bisa didengar oleh semua makhluk selain Jin dan Manusia, dan itu artinya hewan-hewan juga mampu untuk mendengarkan adzab kubur. Dalam salah satu hadis dikisahkan bahwa suatu hari ada dua nenek tua dari bangsa Yahudi kota Madinah masuk ke rumah ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha seraya berkata, “Sesungguhnya penghuni kubur disiksa di dalam kuburan mereka.” Tapi Aisyah radhiyallahu ‘anha tidak mempercayainya dan setelah Rasulullah ﷺ masuk rumah diapun  mengabarkan apa yang dikatakan oleh dua nenek tadi, kemudian Rasulullah ﷺ bersabda:

صَدَقَتَا إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ البَهَائِمُ كُلُّهَا

“Dia benar, sesungguhnya mereka disiksa dengan siksaan yang dapat didengar oleh semua hewan.” (HR. Bukhari).

Yang Sering Kita Abaikan Saat Baca Al-Fatihah Kala Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Prof KH Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta 

Keabsahan sholat ditentukan oleh pembacaan surat al-Fatihah. Surat yang wajib dibaca setiap rakaat sholat ini mempunyai etika dalam pembacaannya. Selain dituntut penghayatan mendalam ketika membacanya, juga ada etika tersendiri yang harus diindahkan, baik oleh imam maupun makmum.

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ الْعَلاَءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا السَّائِبِ، مَوْلَى هِشَامِ بْنِ زُهْرَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ هِيَ خِدَاجٌ هِيَ خِدَاجٌ ‏"‏ ‏.‏ غَيْرُ تَمَامٍ ‏.‏ فَقُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ إِنِّي أَحْيَانًا أَكُونُ وَرَاءَ الإِمَامِ ‏.‏ فَغَمَزَ ذِرَاعِي وَقَالَ اقْرَأْ بِهَا يَا فَارِسِيُّ فِي نَفْسِكَ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏"‏ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ فَنِصْفُهَا لِي وَنِصْفُهَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ اقْرَءُوا يَقُولُ الْعَبْدُ ‏{‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ‏}‏ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ حَمِدَنِي عَبْدِي ‏.‏ يَقُولُ الْعَبْدُ ‏{‏ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ‏}‏ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَثْنَى عَلَىَّ عَبْدِي ‏.‏ يَقُولُ الْعَبْدُ ‏{‏ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ‏}‏ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَجَّدَنِي عَبْدِي ‏.‏ يَقُولُ الْعَبْدُ ‏{‏ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ‏}‏ فَهَذِهِ الآيَةُ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ ‏.‏ يَقُولُ الْعَبْدُ ‏{‏ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ * صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ‏}‏ فَهَؤُلاَءِ لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ ‏"‏  

Andai Tahu Pahala Adzan, Niscaya Kita akan Berebut

REPUBLIKA.CO.ID, Adzan merupakan panggilan yang disyariatkan sebagai penanda masuknya waktu sholat fardhu bagi umat Islam. Berkaitan dengan pentingnya adzan ini, Nabi SAW menjelaskan beberapa keutamaannya, khususnya bagi orang-orang yang mengumandangkan adzan (muazin atau bilal).

Pahala Shalat di Masjid Quba

Bagi kaum muslim,  Masjid Quba menjadi destinasi ibadah yang sangat penting dan disucikan di luar Masjid Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Aqsha di Palestina. Dinamakan Masjid Quba karena didirikan di satu desa yang dipenuhi pohon kurma yang bernama Quba pada tahun pertama Hijrah atau sekitar tahun 622 Masehi.

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya.” (QS. al-Taubah/9: 108). Menurut pengarang Tafsir Jalalain, masjid yang dimaksud dalam ayat itu adalah Masjid Quba. Masjid Quba adalah masjid yang didirikan oleh Nabi SAW pada saat beliau hijrah ke Madinah.

Kejujuran dan Kepintaran Nabi Muhammad Sebagai Pedagang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada ungkapan yang menyebut, "Sembilan dari 10 pintu rezeki terdapat pada perdagangan." Sejarah mencatat, Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pedagang yang sukses dan masyhur sebelum beliau diangkat sebagai utusan Allah. Bahkan, saat masih lajangnya, beliau sudah menjadi orang dengan penghasilan yang cukup besar. Saat menikah dengan Khadijah, mahar pernikahannya itu adalah 20 ekor unta.

Memang, perkenalan dua insan ini terjadi di dunia perdagangan. Tepatnya, kala itu Muhammad muda sering diminta membawa dagangan milik Siti Khadijah, salah seorang konglomerat terkaya di Hijaz masa itu.

Parlemen Mesir Mengalah kepada Al Azhar Soal Kewenangan?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Muslim di seluruh dunia, Imam Besar Al Azhar adalah pemimpin spiritual yang sangat dihormati. Pengaruhnya melampaui politik, ras, dan perbatasan. Di negara asalnya Mesir, sebagian besar dari 100 juta orang yang mayoritas Muslim menganggap Ahmed Al Tayeb ini sebagai wajah kontemporer dari Islam moderat. Pekan ini, Al Tayeb secara terbuka menyatakan penentangannya terhadap rancangan undang-undang (RUU) yang disponsori oleh lebih dari 60 anggota parlemen. RUU yang dinilai kontroversial tersebut akan mengatur soal Dar Al-Iftaa atau House of Fatwa (fatwa agama), yang saat ini berada di bawah Al Azhar.

Pandangan Ibnu Qayyim Terhadap Bakat Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ibnu Qayyim dalam Tahdzib Sunan Abi Dawud fi 'Alam Al-Fawaid menekankan pentingnya orang tua memperhatikan sejak dini bakat putra-putrinya. Orang tua harus mendukung anaknya mengembangkan bakat jangan diarahkan kepada sesuatu yang tidak diinginkannya.

"Janganlah orang tua membawa anaknya kepada pekerjaan lain selagi pekerjaan yang menjadi berkat anaknya itu diizinkan 'syara'," katanya.

Karena, di antara yang perlu dilakukan orang tua adalah memperhatikan hal ihwal pekerjaan yang kiranya menjadi bakat anak. Orang tua hendaknya tahu setiap anak diciptakan dengan bakat pekerjaan tertentu.

Publish modules to the "offcanvs" position.

Free Joomla! templates by Engine Templates