Bagi kaum muslim,  Masjid Quba menjadi destinasi ibadah yang sangat penting dan disucikan di luar Masjid Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Aqsha di Palestina. Dinamakan Masjid Quba karena didirikan di satu desa yang dipenuhi pohon kurma yang bernama Quba pada tahun pertama Hijrah atau sekitar tahun 622 Masehi.

    Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya.” (QS. al-Taubah/9: 108). Menurut pengarang Tafsir Jalalain, masjid yang dimaksud dalam ayat itu adalah Masjid Quba. Masjid Quba adalah masjid yang didirikan oleh Nabi SAW pada saat beliau hijrah ke Madinah.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada ungkapan yang menyebut, "Sembilan dari 10 pintu rezeki terdapat pada perdagangan." Sejarah mencatat, Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pedagang yang sukses dan masyhur sebelum beliau diangkat sebagai utusan Allah. Bahkan, saat masih lajangnya, beliau sudah menjadi orang dengan penghasilan yang cukup besar. Saat menikah dengan Khadijah, mahar pernikahannya itu adalah 20 ekor unta.

    Memang, perkenalan dua insan ini terjadi di dunia perdagangan. Tepatnya, kala itu Muhammad muda sering diminta membawa dagangan milik Siti Khadijah, salah seorang konglomerat terkaya di Hijaz masa itu.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Muslim di seluruh dunia, Imam Besar Al Azhar adalah pemimpin spiritual yang sangat dihormati. Pengaruhnya melampaui politik, ras, dan perbatasan. Di negara asalnya Mesir, sebagian besar dari 100 juta orang yang mayoritas Muslim menganggap Ahmed Al Tayeb ini sebagai wajah kontemporer dari Islam moderat. Pekan ini, Al Tayeb secara terbuka menyatakan penentangannya terhadap rancangan undang-undang (RUU) yang disponsori oleh lebih dari 60 anggota parlemen. RUU yang dinilai kontroversial tersebut akan mengatur soal Dar Al-Iftaa atau House of Fatwa (fatwa agama), yang saat ini berada di bawah Al Azhar.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ibnu Qayyim dalam Tahdzib Sunan Abi Dawud fi 'Alam Al-Fawaid menekankan pentingnya orang tua memperhatikan sejak dini bakat putra-putrinya. Orang tua harus mendukung anaknya mengembangkan bakat jangan diarahkan kepada sesuatu yang tidak diinginkannya.

    "Janganlah orang tua membawa anaknya kepada pekerjaan lain selagi pekerjaan yang menjadi berkat anaknya itu diizinkan 'syara'," katanya.

    Karena, di antara yang perlu dilakukan orang tua adalah memperhatikan hal ihwal pekerjaan yang kiranya menjadi bakat anak. Orang tua hendaknya tahu setiap anak diciptakan dengan bakat pekerjaan tertentu.

    © 2014 Annisa Rahmah. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.